Rabu, 20 April 2011

Touring Bis Via Takengon

Takengon - Medan
kurnia BL 7428 PB mb 1525 karoseri rs
27 maret 2011
driver 1 : pak handoyo
driver 2 : pak cuman
crew : mas adi
harga tiket Rp140.000

masih dengan tipe bis yang sama dengan dari medan ke takengon, hanya perbedaan kali ini, tidak ada tisu di setiap baris tempat duduk.

sebelum naik bis, muncul kebiasaan dimana saya terbiasa untuk memberikan sesuatu bagi awak bis (kalo lagi pegang duit, hehehhe), ngorol sama cew tanya ini itu. point plus buat awak crew hingga bagian tiketing yang ramah dan mau mendengarkan permintaan penumpang. barang yang saya bawa ada alat selam jadi saya minta untuk tidak ditumpuk dengan barang lain, maka segera mungkin bagian tiketing dan crew (mas adi) langsung menaruh tas besar saya di bagian penumpang, tetapi tidak mengganggu kenyamanan penupang lain.

suasana kabin bis kurnia SE 2-1

jam 21.14 (waktu indonesia bagian bis kurnia :P) bis mulai bergerak meninggalkan kota takengon, saya duduk di bangku no.3 (balakang supir is a must!! :P). bis lngsung tancap setelah mengambil beberapa penumpang yang naik langsung dari depan rumahnya karena malas ke agen dan rumahnya di lewati oleh bis ini. dari percakapan beberapa orang saya dengar bahwa mereka meyiapkan kantong plastik untuk berjaga2, saya berpikir apakah memang perlu??

jam 21.45
    saya mendapat telpon dari mas saya a.k.a plentonk, yang memberitahu bahwa pak handoyo menyupir dengan cepat.

23.49 masuk kota biruen
    ada beberapa kejadian seru sebelum masuk kota biruen
    1. persiapan kantong plastik memang berguna, terbukti penumpang di sebelah saya beberapa kali harus m****h.
    2. sewaktu di bagian jalan longsor, bis hampir menyenggol beco karena jalan licin, menybabkan bis bergerak atau meluncur sendiri ke kiri padahal bis sudah mengambil bagian kanan jalan.
    3. sebelum masuk biruen, ada markas tni dimana bis dan kendaraan lain  harus memacu kendaraan di bawah 25 km/jam.
    4. setiap kali berpapasan dengan kendaraan, bis harus berhenti dan saling bebagi jalan karena jalannya memang cukup kecil untuk dilalui 2 kendaraan yang berpapasan sekaligus.
    5. saya memang merasa bahwa pak handoyo ini memang melaju cukup kencang. yang nanti bisa dibuktikan, hehehehhehe.
    6. pmtoh legacy yang berangkat pukul 20.00 dari takengon, di asapi di daerah bukit.
00.00 biruen
    bis yang seharusnya tidak masuk terminal harus masuk karena beberapa penumpang ingin membeli teh hangat karena banyak mengeluarkan cairan dari tubuhnya.
00.14 peusangan
    di sini banyak bis berhenti untuk beristirahat, bis kami pun berhenti tapi untuk sekedar membeli oleh-oleh.
00.38 lhoksumawe
    biruen -lhoksumawe di tempuh dengah tancap gas, sempat saya mengintip di speedo 120km/jam, mantaappp. jalan pantai timur aceh memang top.
01.42 lhoksukon
    bis sempat berhenti karena ada kurnia 1526 elektrik yang alarmnya terus berbunyi sehingga banyak bis kurnia ikut berhenti,terlihat 4 bis kurnia ikut berhenti.
    sempat ada awak bis yang nyletuk " mana bisa kita, yang pake kompternya orang itu" hahahahha. dengan  logat medannya. akhir nya bis dipaksa berjalan dengan alarm yang terus berbunyi setelah dipastikan tidak ada bagian mesin yang rusak atau tidak bekerja.
    sebelum isi bensin, beberapa kurnia tersalip, 2 pmtoh ( 1 body legacy), 1 anugerah, 2 pelangi menjadi saksi kencangnya pak handoyo dengan 1525 nya ini.
02.10
 bis isi bensin dan posisi driver berganti, pak handoyo digantikan oleh pak cuman.

02.57 peureulak
    tidak ada lawan, hanya truk dan mobil pribadi, pak cuman bisa melaju kencang karena jalan masih bagus.

03.26 langsa
    di sini bis menurunkan 1 penumpang. jalan dalam kota agak berlubang, jadi bis hanya bisa melaju dengan seadanya saja.

04.19 besitang
    saya mulai mengantuk... dah terlelap.

05.04 masuk kota binjay
    ketika saya bangun, ternyata pak handoyo sudah kembali di pos utamanya. saya kembali terlelap.

05.36 bis sudah berhenti di depan terminal pinang baris, lama menurunkan penumpang dan paket dari bagasi.

06.15 bis sampai di pool medan daerah ringroad sunggal. tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada awak bus. di pool saya menunggu di jemput oleh ibu saya, sambil menunggu saya menghitung jumlah bis kurna yang masuk, ternyata ada 5 bis di belakang kami dan 2 bis takengon yang berangkat jam 19.00 serta 20.00 baru masuk di belakang kami. karena letak pool kurnia bersebrangan dengan pool pmtoh terlihat  pula beberapa bis yang baru memasuki pool.

cacatan :
1. bis anugerah ternyata 1 pool dengan kurnia
2. rumor yang menyatakan bahwa pak handoyo kencang adalah benar (menurut saya)
3. bis non-stop (se 2-1) kurnia menggunakan mb 1525 dan 1526 elektrik. semuanya belum sampai 5 bulan keluar dari karoseri ( menurut plat nomernya).

selesailah eps 1 ini.
berlanjut ke esp 2.

beberapa oleh2 dari takengon




Tidak ada komentar:

Posting Komentar