Kamis, 23 Desember 2010

Apa yang dimaksud New Media?


Apa yang dimaksud New Media?           
Kata media berasal dari bahasa latin yang memiliki arti sebagai perantara sebuah informasi dengan penerima informasi. Yang artinya New Media secara bahasa dapat berarti “perantara baru”. Istilah New Media sebenarnya baru muncul di akhir abad ke 20, digunakan untuk menyebut media baru yang menggabungkan berbagai media konvensional di Internet. Teknologi yang digambarkan sebagai New Media mempunyai ciri digital, sering mempunyai karakteristik dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh diantaranya mungkin Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROM, dan DVD. Ada new media baru yaitu AR(Augmented Reality)adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. AR dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan dan penciuman. Dapat digunakan dalam bidang kesehatan, militer, industri manufaktur dan bisa diaplikasikan pada telepon genggam.
Ada juga contoh dari new media.
Pengertian internet sendiri sebenarnya itu adalah sebuah jaringan komputer. Pertama kali dibentuk oleh Departemen Pertahanan yang berada di Amerika Serikat pada tahun 1969, yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbasis UNIX bisa berkomunikasi jarak tak terhingga dengan menggunakan saluran telepon. Terancanglah sebuah proyek dalam bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, sekarang dikenal dengan sebutan TCP/IP.
Awal tujuan dibuatnya proyek tersebut untuk kepentingan dalam militer di Departemen Pertahanan Amerika, yaitu untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan menghindarimenghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah.
Sumber : 
1.       wikipedia.com
2.       fikriaulia03.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar